Faktor-faktor Penilaian Pada Mesin Pencari
Tidak semua faktor penilaian peringkat pada mesin pencari itu penting, beberapa ranking factor seperti PageRank (PR)
hanya penting dalam kondisi-kondisi tertentu. Yang lainnya seperti META
tags, fungsinya hanya untuk menyempurnakan detil dan tidak terlalu
besar pengaruhnya pada posisi di mesin pencari.
Harus diketahui
faktor-faktor apa saja yang diperlukan untuk mendominasi 3 mesin pencari
utama secara efektif. Mulai dari artikel ini saya akan membahas tentang
faktor-faktor utama dan bagaimana tiap faktor tersebut mendapat
perlakuan yang berbeda dari mesin-mesin pencari. Akan dibahas pula
faktor-faktor lain dan contoh optimalisasinya.
Umumnya sulit bagi
sebuah website untuk menempati posisi puncak pada satu mesin pencari,
apalagi pada lebih dari satu pada saat bersamaan. Webmaster
sering mengeluh soal ‘ketiadaan’ situs mereka di Google, padahal situs
itu menempati posisi puncak di Yahoo, atau kasus lainnya, menempati
posisi ‘bagus’ di Google tapi tidak punya posisi sama sekali di Bing.
Mengembangkan strategi SEO
yang mujarab agar dapat ‘menguasai’ Google. Yahoo, dan Bing (kita
sertakan juga Ask sebagai pembanding) sekaligus adalah hal yang sulit,
tapi bukannya tidak mungkin.
Pada artikel sebelumnya tentang faktor-faktor yang dinilai berbagai mesin pencari
anda sudah lihat bagaimana sifat masing-masing mesin pencari dalam
memberi peringkat. Selanjutnya saya akan menjelaskan dulu sedikit
tentang Ask (search engine terpopuler keempat) kemudian kita akan bicara
tentang faktor-faktor yang bisa mendongkrak posisi situs anda di semua
mesin pencari pada artikel-artikel selanjutnya.
Saya juga akan membahas lebih detil tentang Google Sandbox dan Pagerank,
dan kenapa dua faktor ini penting untuk dipahami serta bagaimana anda
bisa memanfaatkannya – ya, kalau dipikir-pikir, ada cara untuk
memanfaatkan ‘efek Sandbox‘ ini.
Apakah
situs anda akan dijamin berada pada posisi puncak di Google, Yahoo, dan
Bing nantinya? Tidak, saya tidak memberi garansi apapun (apalagi angin
surga).
Yang pasti, saya akan menunjukkan bahwa ada cara-cara
untuk mendapat ranking pada ketiga mesin pencari utama dan anda juga
bisa melakukannya.
Top position? Belum tentu.
Halaman pertama? Sangat, sangat mungkin.
Ask – Mesin Pencari yang Terlupakan
Ask.com
seringkali disebut sebagai mesin pencari yang paling akurat, tapi
kurang dikenal, dan karena dominasi pasar yang saat ini dinikmati Google
dan Yahoo membuat nyaris tidak ada tempat lagi untuk mesin-mesin
pencari alternatif.
Meski begitu, kalaupun Ask hanya menguasai 5
persen pangsa pasar pencarian, ini adalah 5 persen yang BISA anda jaring
dengan menggunakan prinsip-prinsip search marketing yang baik. Jadi kenapa tidak?
Hal-hal yang harus diketahui tentang Ask:
- Punya bobot besar terhadap penilaian otoritas (authority) suatu topik dan relevansi tautan.
- Lambat dalam mengindeks dan memberi peringkat
- Mirip Google dalam hal memberi bobot lebih terhadap tautan/link alih-alih optimalisasi on-page.
Bobot
besar yang diberikan Ask terhadap tautan yang bersifat on-topic,
menjadikan Ask.com sebagai alat ukur yang baik untuk menilai apakah
situs anda mendapat jenis tautan yang tepat (relevan dan punya otoritas).
Penekanan Ask pada pengelompokan topik juga berarti bahwa situs anda
tidak akan mendapat peringkat bagus (bahkan tidak akan terindeks dengan
tepat) kalau tidak punya beberapa inbound links dari niche sejenis.
Soal
Ask ini tidak usah terlalu dipikirkan, saya juga tidak akan membahasnya
lebih jauh. Yang patut diingat adalah mengecek posisi situs anda di
Ask.com adalah cara bagus untuk menilai seberapa on-topic situs anda dan
apakah aspek on-topic ini harus ditingkatkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar