Bagaimana dengan Mesin Pencari Lain?
Artikel pertama untuk tahun yang baru. Pada artikel sebelumnya tentang faktor-faktor yang dinilai oleh Google,
sudah dijelaskan 3 faktor apa saja yang menjadi ukuran ‘kualitas’ oleh
Google. Pada tulisan kali ini saya akan merangkum apa yang menjadi
faktor pemeringkatan utama, baik di Google maupun di mesin pencari lainnya.
Yahoo, MSN (Bing), dll.
Dominasi
Google menempatkan Yahoo dan Bing pada posisi terpenting kedua dan
ketiga dalam upaya SEO yang kita lakukan (Ask yang menempati posisi
keempat, hanya menguasai hampir 5% total pasar pencarian).
Ada satu pemikiran yang menarik – karena banyak laporan yang mengatakan lebih mudah untuk mendapat ranking dan menguasai halaman SERP di Yahoo dan Bing, daripada ‘menguasai’ Google.
Saya sendiri berpendapat bahwa itu tergantung pada strategi SEO
yang diterapkan. Ada banyak website yang menerima mayoritas trafik dari
Google, dan hampir tidak ada trafik-nya yang berasal dari Yahoo atau
Bing. Ada juga banyak website yang mendapat ranking tinggi di Yahoo,
tapi cukup rendah di Google. Perbedaan yang saya lihat hanya dari cara mempromosikan situs-situs tersebut dan metode link building yang digunakan.
Mana yang lebih penting/bernilai?
Google
menguasai lebih dari 50% (sepertinya angka ini masih akan terus naik
dan mungkin lebih tinggi lagi saat anda membaca artikel ini) dari semua
trafik pencarian, jadi menurut saya ‘menguasai’ Google punya nilai
lebih.
Mana yang lebih mudah dioptimasi?
Dunia SEO umumnya
sepakat bahwa Google lah yang paling sulit di-optimasi. Saya sendiri
berpendapat pernyataan tersebut kurang fair, terutama karena kebanyakan pejuang SEO (minjem istilah Pak Dokter)
menggunakan strategi-strategi yang ‘kadaluarsa’ dan terlalu
memperhatikan hal-hal yang Google sendiri tidak anggap penting lagi
dalam 3-4 tahun ini.
Cara lama masih memungkinkan anda mendapat
ranking bagus di Google, tapi dengan metode ‘jadul’ ini peluang anda
justru lebih baik di Yahoo dan mesin pencari lainnya daripada di Google.
Justru
pertanyaan besarnya adalah – faktor ranking apa yang digunakan ketiga
mesin pencari utama, dan bagaimana kita sebagai webmaster dapat
menggunakannya untuk situs kita?
Pertanyaan kedua akan terjawab di Panduan SEO ini. Pertanyaan pertama dapat ditemukan jawabannya pada artikel tentang Google vs Yahoo vs MSN (in English).
Memantau Perkembangan di Dunia Pencarian
Ada beberapa website yang memantau perkembangan di dunia mesin pencari secara lengkap dan up-to-date, kita tinggal pantau saja website tersebut (tidak, saya tidak mempromosikan website saya sendiri ).
Favorit saya adalah 3 situs di bawah ini (ketiganya dalam Bahasa Inggris):
Search Engine Land
– Menyediakan reportase lengkap. Kontributor utamanya Danny Sullivan
dan Barry Schwartz, didukung banyak kontributor lainnya seperti Eric
Ward, Gord Hotchkiss, Greg Sterling, Bill Slawski, dll.
Search Engine Roundtable – topik-topik dan diskusi terbaik dari dunia pencarian (terutama dari berbagai forum), oleh Barry Schwartz.
Search Engine Journal
– Kombinasi reportase dunia pencarian dan tutorial SEO, punya layanan
SEO Clinic, yang menyediakan konsultasi gratis dua kali dalam sebulan.
Oleh Loren Baker.
Sementara 3 itu dulu, tiga itu saja pasti akan membuat anda sibuk menyelami dunia SEO.
Kalau anda butuh sumber bacaan yang lebih berbobot, silakan kunjungi SEO by the Sea
oleh Bill Slawski yang berisi analisanya tentang berbagai algoritma dan
teknologi pemeringkatan yang dipatenkan oleh Google, Yahoo, dan MSN
(Bing). Bacaan yang bagus, tapi menurut saya bukan bacaan yang cocok
kalau anda tidak tertarik untuk terlibat secara profesional dalam SEO.
Artikel
selanjutnya akan mendalami faktor-faktor pemeringkatan (ranking
factors) dan alasan kenapa faktor-faktor tersebut penting (dan kenapa
akan tetap penting jauh di masa yang akan datang). Stay tuned!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar